Agung: SDM Minim jadi Masalah Klasik Atasi Sampah

Agung: SDM Minim jadi Masalah Klasik Atasi Sampah

KEJAKSAN - Untuk menangani masalah sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon mengalami kesulitan lantaran personel di lapangan masih minim. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Ir Agung Sedijono MSI saat ditemui wartawan koran ini di ruangannya, kemarin.
\"plt
Agung Sedijono: Foto: Asep/Rakyat Cirebon

\"Mengatasi masalah sampah ini memang agak sulit, di lapangan petugas kita juga masih kurang banyak, kurangnya SDM ini sebetulnya sudah menjadi masalah klasik,\" ungkap Agung kepada rakcer.

Saat ini, dari puluhan ruas jalan yang ada di Kota Cirebon, lanjut dia, semisal petugas sapu jalan saja DLH hanya memiliki petugas sekitar 100 personil.

Jumlah saat ini disebutnya tidak sebanding dengan objek yang harus dibersihkan, jangankan untuk bertugas selama 24 jam menjaga kebersihan, hanya sekedar satu hari sekali juga masih sangat sulit.

\"Setelah dihitung petugas kita di lapangan, untuk 50 persen ruas jalan yang ada saja masih kurang. Saya perkirakan padahal perlu hampir 400 orang. Contoh untuk di jalan Kartini itu minimal harus ada 4 orang,\" lanjut dia.

Selain permasalahan kurangnya SDM, belum lagi armada pengangkut sampah dari TPS menuju TPA Kopiluhur yang kian hari kian bermasalah.

Untuk jumlah armada, sebetulnya dikatakan Agung 28 armada Dump Truck yang ada masih bisa meng-cover semua TPS yang tersebar di Kota Cirebon.

Akan tetapi, melihat keadaan armada, tidak sedikit mobil pengangkut yang sudah memerlukan perbaikan. \"Mobil juga masih jadi hambatan, memang dari segi jumlah masih banyak, tapi kalau lihat umur kan banyak mobil yang sudah tua dan perlu peremajaan,\" ujarnya.

Namun demikian, hambatan yang ada baik dari segi SDM maupun armada pengangkut tidak membuat DLH Kota Cirebon menyerah menangani permasalahan sampah yang tidak akan ada habisnya tersebut.

Kedepan, meskipun secara aturan yang bertanggung jawab terhadap permasalahan sampah di Kota Cirebon adalah Dinas Lingkungan Hidup, sedikit-demi sedikit ia pun merencanakan terobosan baru dimana sampah ini bisa disulap menjadi sesuatu yang tidak dipandang menjadi masalah dan ini tentu memerlukan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam memilah sampah.

\"Masyarakat kita masih susah untuk memilah sampah, maka dari itu kita akan terus dorong agar budaya ini berjalan, sedikit-sedikit lah,\" katanya. (sep)

Sumber: